Selasa, 07 Juni 2011

JENIS-JENIS TOKEK YANG BANYAK DICARI

Bisnis Tokek :

Tokek sekarang mempunyai nilai ekonomi sangat tinggi.Sehingga tidak heran banyak orang memburunya.untuk di jual.Tidak seperti dulu, tokek di tangkap terus di bunuh karena suaranya yang dianggap mengganggu.

Tapi sekarang orang yang membunuh tokek pasti akan kecewa berat, pasalnya setelah dia tahu bahwa tokek dengan berat 3 ons-an di hargai jutaan rupiah per ekormya.Coba lihat saja daftar harga berikut ini : ( harga ini sangat bervariasi )
* kategori 2,5 ons (berat 2,5 - 2,9ons) harga 5-10 juta
* kategori 3 ons (berat 3 - 3,4ons) harga 15-20 juta
* kategori 3,5ons (berat 3,5 - 3,9ons) harga 30-50 juta
* kategori 4 ons (berat 4 - 4,9ons) harga 100-200 juta
* kategori 5 ons (berat 5 ons ) harga 300-500 juta
* kategori 6 ons keatas harga 100juta/ons

Jadi bila anda berminat bisnis tokek silakan.Untuk pemasarannya anda bisa cari di google,di sana banyak sekali orang-orang yang mau membeli dengan harga sangat tinggi.Tapi hati-hati banyak makelar tokek di sana – sini.Cek dulu pembeli sebelum menjualnya.

Kenapa tokek harganya sangat mahal :

Di duga lidah tokek ini untuk bahan campuran obat HIV Aids.Makanya di hargai sangat mahal.Namun secara resmi pihak WHO sendiri belum mempublikasikan tentang kasiat lidah tokek ini.
Di tambah lagi , spesifikasi tokek yang di cari memang sangat susah & langka, susah untuk di kembang biakkan sampai berat yang di inginkan.Kalaupun bisa butuh waktu yang lama.

Ciri – Ciri tokek yang bisa di jual

-Hampir semua tokek bisa di jual baik tokek rumah maupun tokek hutan
-Lebih di utamakan tokek dengan warna dominan putih
-Berat min 300 gram ke atas ( lebih berat lebih mahal )
-Kondisi badan sehat, tidak cacat, lecet
-Ekor tidak boleh putus

Cara menangkap Tokek

Dalam menangkap tokek dilarang keras sampai si tokek sampai terluka, bahkan boleh di ibaratkan jangan sampai tersentuh tangan.Karena harganya akan jatuh drastis bahkan sampai tidak laku sama sekali.
Sifat alami tokek adalah kalau di tangkap dia akan melawan sekuat tenaganya.Maka harus hati-hati,karena kerap menggigit jika ditangkap.
Bila dipegang,tokek otomatis akan menganga mulutnya; siap untuk menggigit penangkapnya. Gigitannya sangat kuat,otot-otot rahangnya seakan mengunci.

Cara mudah untuk menipu tokek agar tak tergigit ketika memegangnya.

Letakkan sesuatu yang agak lunak tetapi liat di mulutnya yang menganga, seperti sepotong ranting atau perca kain yang dilipat-lipat,yang tidak mudah putus. Tokek akan menggigitnya dengan sekuat tenaga, sehingga si penangkap aman untuk mengamati, memeriksa dan mengukur hewan itu. Tokek tak akan melepaskan barang itu selama ia masih dipegang orang; namun manakala tokek dibebaskan, ia akan segera melepaskan barang yang digigitnya dan berlari meninggalkannya.

Beberapa cara menangkap tokek agar tokek tidak terluka :

1.Menggunakan perangkap tikus yang sudah di beri makanan kesukaan tokek ( kalau bisa serangga yang masih hidup untuk menarik perhatian si tokek ).Taruhlah perangkap di dekat tokek berada.

2.Menggunakan tembakau yang sudah di tusukan ke lidi sebagai “umpan” si tokek.Jika tembakau ini di makan tokek akan pingsan sesaat.Namun dosis jangan terlalu banyak karena tokek bisa mati.

Jenis - Jenis Tokek :

1. Giant Gecko = Tokek Raksasa termasuk dalam jenis Tokek Rumah. Mempunyai bintik merah pada tubuh bagian atas dan mempunyai warna putih pada bagian tubuh bawah atau dada dengan bercak warna kuning. Mempunyai ciri bisa menempel di dinding karena ada perekat pada kakinya. Tokek rumah mempunyai kulit seperti kulit jeruk. Per ekor bisa laku 3 Milyard

Giant Gecko

2.Stone Gecko = Tokek Batu. Jenis ini menyerupai kadal. Ada beberapa macam tokek batu, minimal ada 3 macam, tokek batu berdada belang (campuran putih dengan bintik hitam) dan ada berdada kemerahan dan ada yang ber dada putih bersih. Ada tokek batu yang mempunyai lidah bercabang dan ada yang berlidah tunggal. Tokek batu mempunyai kulit licin seperti kadal pada umumnya. Per ekor bisa laku 500 juta

Stone Gecko

3.Tokek Hutan =Jenis ini tidak bisa menempel di dinding, karena tidak mempunyai penghisap pada kakinya.. Tokek ini bisa memanjat pada dahan pohon dengan mempergunakan kukunya.Tokek hutan hanya mempunyai warna hitam keabu-abuan saja. Per ekor bisa laku 50 juta

Tokek Hutan

Tips menjual tokek :
( saya kumpulkan informasi dari berbagai sumber )

1. Kondisi kandang harus gelap tertutup.
Jangan sering-sering kontak langsung dengan manusia karena hewan reptil ini cepat menyusut bukan karena selama perjalanan. tapi karena kandang terbuka dan sering kontak langsung dengan manusia itu yang menyebabkan dia stress.Jadi hindari timbulnya stress pada tokek.

2. Berilah vitamin B-complex secukupnya untuk mengurangi penyusutan berat badanya

3. Berikan makan kacang ijo 1 butir jangan lebih untuk menambah stamina

4. Jangan sering – sering ditimbang. Ini sama saja akan membuat tokek stress.
Sebagai patokan apabila ukuran lebar punggung sekitar 5cm lebih itu sudah dipastikan berat 2,5-3ons.Coba gunakan patokan berikut ini :

Ciri-ciri tokek dengan berat 2,5 ons
- lebar punggung selebar bungkus rokok djisamsu
- dengan panjang berkisar 1 jengkal 4 jari

Ciri-ciri tokek dengan berat 3 ons
- lebar punggung selebar bungkus rokok sampoerna mild / 5 jari
- dengan panjang berkisar 30 cm – 37 cm

5.Tips tambahan dari kawan kita yang saya ambil dari internet ( maap saya lupa namanya …) :
“Jadi utk kawan2 yg mau bawa tokek ke JKT ada baiknya buat MoU diatas materai antara owner tokek n pihak mediator/broker. Sekalian diajak gambling para mediator ato buyernya sekalian kalo gak jadi transaksi harus ada ganti rugi n uang lelah. Cukup saya aja yang dikibulin n kena tipu. Atau alternatif laen suruh turun pihak mediator n bawa buyernya sekalian kalo emang bener2 mau beli pasti dateng tuch buyer. Semoga masukan tulisan saya ini dapat memberikan manfaat dan berguna bagi kita semua”

Contoh Tokek yang layak jual ( bukan rekayasa ) :

untuk lihat tokek yang gede klik di sini

7 komentar:

  1. mz bro,, ane baru aja neh nangkep tokek ya ukrn'y kira2 masih sewajarnya tokek lah,ane nangkep diteras rumah..nah warnanya itu totol kuning..itu kira2 gmn mz bro utk pengembiakan n pemasaran'y ?
    tolong info'y cz ane masih awam neh.. thankz

    BalasHapus
  2. Gan ni ane py tokek rumah harga nego gmn???

    BalasHapus
  3. terima kasih masukannya mas,karena bisnis ini bisnis yang belum jelas.sebab harga yang selangit namun tidak pasti tmksh.
    alamat yang dimasukan dalam daftar pembeli tokek apakah memang benar?
    apakan betul tokek bisa bernilai milyaran rupiah?
    dan apakah sudah anda sudah pernah menjual dngan nilai tinggi

    BalasHapus
  4. klau ad yang panjang 40 cm warna bintik kunung atau merah itu tokek apa..?

    BalasHapus
  5. apakah benar bisnis tokek ini, blum pernah coba.
    tp juga bagus.
    terima kasih
    backlink :http://geckogeckos.blogspot.com/2014/03/fact-gecko.html

    BalasHapus
  6. Pak agus aji punya tokek yg panjang 40 cm ? Kalo punya bisa telp saya 08123880543

    BalasHapus
  7. HEY! Yang dibilang StoneGecko itu Bukan termasuk Tokek! Itu Bluetongue Skink!! Dan harganya tida sampai 500 JT !! Harganya itu 350.000 -1.000.000. Dan Bluetongue Skink itu masuk Genus Tiliqua!! Jadi Bluetongue itu bukan Tokek!! Ckckckck...

    BalasHapus